Minggu, 18 Desember 2011

Tentang Open Source

Udah lama ga ada bikin entri baru nih... gara-gara sibuk, ga sempat update blog deh jadinya, padahal ini blog masih baru.
Ya udah deh, berhubung lagi ada waktu dan lagi ada ide, saya mau cerita sedikit tentang hubungan saya dan open source :D .

Saya adalah mahasiswa Teknologi Informasi (Teknik Informatika) di Universitas Sumatera Utara. Di lingkungan kampus kami, penggunaan software open source sangat dianjurkan, karena banyak sekali manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan kalau kita menggunakan software open source. Salah satu manfaat yang paling utama adalah menghindari pembajakan software, karena mayoritas software yang open source itu didistribusikan secara gratis (tapi tidak semua juga software yang open source itu gratis). Nah saya sendiri mengawali langkah penggunaan software saya dimulai dari menggunakan Operating System yang gratis dan Open Source.
Saya mencoba menggunakan Operating System berbasis linux, yaitu kalau tidak menggunakan Ubuntu ya Linux Mint. Namun saya bukan orang munafik yang mengatakan bahwa saya anti pembajakan. Keadaan kultur perkomputeran indonesia yang terlalu bergantung pada microsoft windows membuat saya mengalami beberapa kesulitan, seperti kesulitan mendapatkan software open source yang sesuai dengan dibutuhkan. Ya ujung-ujung nya mau tidak mau saya terpaksa ikut-ikutan membajak juga :P . Tapi saya juga tidak mau menggunakan software yang dibajak itu mentah-mentah. Saya lebih suka menggunakan software yang open source tentunya. Jadi selagi masih bisa menggunakan yang open source, sebisanya saya coba untuk menggunakan yang open source.

Nah... saya rasa untuk curhat nya segini aja dulu... nanti saya akan sambung dengan thread-thread baru yang saya tidak tau apakah thread saya nanti membahas open source lagi atau malah tentang Microsoft Windows, karena menurut saya pengetahuan tentang keduanya itu sangat penting, jadi tidak masalah mau menulis tentang yang mana saja. yang penting kan saya bisa berbagi ilmu :)

1 comments:

Rizki Ahmad mengatakan...

makasih buat jurnalnya mas, menambah pengetahuan penulis nih :) ... kalau boleh saya share, bilang ya :)

Posting Komentar