Rabu, 06 Februari 2013

8 Top Recommended Sites For IT Environment




And here it is… we have some helpful websites for you who have a variety of hobbies, such as coding hobby, photography, writing blogs and even play games. Check this out!


1. Ideone.com 


 For you who like programming, love to trying new programming language but do not have a variety of compiler on your computer, ideone.com is the only one website that you have to try.
Ideone.com is a website that provides much compilers and a text-editor (IDE) online, where you can create a program with any device although it does not have any compiler installed.

Ideone feature allows a user to save and publish their work online, so you don’t have to worry anymore if you want to access the code on another machine. Try it now !



2. alexa.com

Alexa.com is one of the must-know website for a websiter, so don’t be surprised if this website's name sounds so familiar. 
In alexa.com is available information about top rank sites and information about page rank and traffic of a website. So you'll know, how famous are your blogs and websites on the internet? 
Just try this one out ! 




3. pixlr.com 

Want to edit a picture or photo? But you don’t have photoshop or another photo editor application on your computer? 



Don’t worry, just visit pixlr.com. You can edit your pictures without need to download another application, because the application we will use is a web-based applications that run in the browser. 
This photo editor application is available in : www.pixlr.com/editor/.






4. Can You Run It?  (systemrequirementslab.com)

Canyourunit.com, is a website that must be known by all gamers. Usually, the gamers will find it difficult to know if he can run a game that he wanted to buy or not, there are some cases of a gamer wasting his money because the game has been purchased could not be run on the his computer. 
For that, a lot of gamers rely on this site. This site will explain the ability of a computer owned by someone that wants to run a game. 



On this site we can know whether our computer can run the X game or not, then how about the Y game? can or not. You can find out by yourself how good the website is.
Come on, check it out! 


5. sourceforge.net

Do you like to use open source software? If you answered yes, of course you are already familiar with this one. 

At sourceforge.net you can download all free open source software. Trust me, you can rely on this website to the problem of the availability of open source software.
 For your information, sourceforge.net apparently in cooperation with IBM corporation. They provide a special page, called "IBM Smarter IT Services" that contains the IT journals and various clues about new technologies such as cloud computing and smarter data center.



6. speedtest.net

Do you want to know the speed of your internet access? Existing software on the modem is not accurate? Then, you can take advantage of this great website.


Speedtest.net is a website that has features that can be used to measure the speed of your internet access. Even you can compare the speed of your internet access with the average internet's speed in your city.
The fact is, the default software  in dial-up modem which we use also appeared to be inaccurate. The software will show better results than the present. This is due to marketing reasons from the modem manufacturer. So for you who want to know the real speed of your internet access, please try this website. Check it out! 




7. zoomtemplate.com


On the internet there are many bloghoster, whether it is paid or free such as blogger.com, wordpress.com and many more.

Then, here it is, for you who like blogging and bored with the default view provided by your bloghoster, this website could be your solution. At Zoomtemplate.com is available various kinds of cool templates for your blog. You can choose a template according to the type and category you want and you can to download the template you have chosen for free.



Free? Yeah, of course. At zoomtemplate.com there is a menu for those who want to submit their templates that can be downloaded for free. Then why do not you try it? Come on, try this on!





8. dafont.com

Have you ever wanted to make an invitation card, poster, cover or postcard designs but you feel bored with the fonts in your word processing application like Microsoft Word, Open Office Writer, etc.)? Then Dafont.com is the website that you want to help your problem.
At Dafont.com is available over than 7500 fonts that you can download for free. So you can stop using Arial, Comics Sans MS or Times New Roman to cover your invitation or card. 
Then, why do not you give it a shot?.
Check them all at dafont.com and make your design more beautiful with new unique fonts - Rizki Ramadhan.


Rabu, 19 Desember 2012

Bangga jadi Anak Punk

Kupacu sepeda motorku
Jarum jam tak mau menunggu maklum rindu
Traffic light aku lewati
Lampu merah tak perduli jalan terus ...

(Iwan Fals - Kereta Tiba Pukul Berapa)

 Aku menarik tuas gas sepeda motor GL Pro tua ku melewati persimpangan demi persimpangan, sepeda motor ku pun meraung keras dengan kecepatan tinggi. Panas mesin pun terasa sangat menyengat, maklum lah motor tua. Mendadak kesialan itu terjadi pada saat traffic light di persimpangan jalan Juanda - Sisingamangaraja berubah merah. Aku bukannya melanggar lampu merah seperti yang dilakukan bang Iwan di lagu di atas, apalagi sampai kena tilang. Lha? jadi aku sial kenapa?. Sepeda motor ku mogok dan tidak mau hidup karena kepanasan. Hingga penuh keringat aku mencoba mengengkol sepeda motor ku, tetap gak mau hidup. Lampu diseberang jalan yang tadinya merah pun berubah hijau. Dengan masih terengah terpaksa ku dorong sepeda motorku ke seberang.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, ada warung di pinggir jalan. Aku pun singgah sebentar untuk beristirahat sambil mendinginkan mesin sepeda motorku. Dengan penuh rasa bosan kuperhatikan lalu lalang anak-anak punk yang sibuk mengamen mengharapkan recehan dari mobil-mobil mewah yang berhenti karena lampu merah. Kutatap setiap kendaraan mewah yang lewat di depan warung tempat aku duduk. Kendaraan-kendaraan mewah yang di tunggangi orang-orang bersetelan necis memaki becak-becak tua lamban yang menghalangi jalan mobil mereka. Sungguh, kepongahan mereka itu membuat aku muak seketika. Dengan penuh rasa muak aku meludah sambil tersenyum sinis. "Sial*n, mereka pikir jalan ini jalan mereka ya? mentang-mentang kaya", umpatku dalam hati. Dan hal itu pun terjadi ....

Seketika air wajahku berubah melihat pemandangan yang bagiku sangat menarik perhatian itu. Kulihat seorang kakek tua setengah bungkuk yang sedang kebingungan karena kesulitan menyeberangi jalanan yang ramai. Orang-orang kaya pongah (yang membuatku muak) itu pun tak henti-hentinya membunyikan klakson mobil mereka yang mewah. Sungguh, mereka itu ga punya perasaan ya?. Tapi kekesalan ku pun berubah menjadi senyum bangga melihat seorang anak punk berambut gondong dan berpakaian dekil berlari dan meraih tangan si kakek. Si anak punk menyeberangkan si kakek dan dengan tersenyum ia berkata "Hati-hati ya kek". Takjub aku melihat pemandangan itu. Bagaimana tidak, mereka yang selama ini kukutuk karena jijik melihat tampang mereka yang mereka buat sedemikian mengerikannya malah berbuat semulia itu yang aku sendiri pun tidak melakukannya.


Aku malu, selama ini aku menganggap mereka itu sampah masyarakat yang membuak semak kota Medan ini saja. Tapi lihat sekarang, aku yang berpendidikan (katanya), aku yang lebih bersih dan rapi, lebih necis dan berwibawa daripada mereka (katanya) hanya bisa berpangku tangan melihat orang lain kesulitan. Sementara mereka yang sampah (katanya), mereka yang tak berguna (katanya) malah lebih mulia dan malah lebih berperasaan daripada aku dan mereka yang bermobil.

Termenung aku, dalam anganku berkecamuk berbagai macam perasaan dan pikiran. Aku merenung, memang benar ternyata, kita tak boleh menilai seseorang itu dari penampilan luarnya saja. Aku mengutuk diriku sendiri yang selama ini ternyata sangat pongah, sangat angkuh , berani menghakimi orang lain layaknya tuhan saja. Apakah aku pernah berpikir, apa yang membuat mereka jadi anak PUNK yang menjijikkan (katanya) seperti itu?. mereka tentu punya alasan tersendiri. Bisa jadi mereka itu sebenarnya orang yang mampu, tapi tak memiliki arti kehidupan di rumah mereka sendiri. Bisa jadi mereka itu orang yang tak mendapat kasih sayang di rumah, sehingga mereka mencarinya di jalanan. Bisa jadi mereka itu orang yang memang tidak memiliki rumah di kota ini dan menderita di kaki-kaki orang-orang kaya yang tidak peduli.

Tidak, aku tak memikirkan hal itu. Aku terlalu egois untuk bisa mengerti orang lain. Aku terlalu angkuh untuk bisa mengerti apa yang mereka rasakan. Untuk itulah aku malu, untuk itu lah aku merasa bersalah sudah menganggap remeh dan berpikiran buruk tentang mereka yang ternyata hatinya lebih mulia dari pada aku. Dan agar rasa malu dan bersalah ku ini bisa bermanfaat untuk orang lain, maka aku menyempatkan menulis pengalaman di perjalananku pulang kuliah ini.

Teman-teman ku semuanya, apa yang selama ini kita pikirkan bukanlah berarti sebuah kebenaran. Aku ingat temanku pernah berkata menasihatiku, "Kita tidak seharusnya memikirkan sesuatu yang kita ingin pikirkan, tapi kita seharusnya memikirkan kenyataan. Karena apa yang kita inginkan menjadi pikiran kita itu bukanlah hal yang sudah pasti kebenarannya" - Farhan Luthfi. Apa yang Farhan katakan itu benar, seharusnya kita selalu berfikiran positif terhadap apapun yang terjadi kepada kita. Hanya saja kita (lebih-lebih aku) terlalu naif untuk mengakuinya.

Tulisan ini adalah pengalamanku, yang apabila ada manfaatnya silakan teman-teman ambil dan apabila lebih banyak pengaruh negatifnya bisa teman-teman abaikan. Semoga apa yang kutulis ini bisa menyentuh hati orang yang membacanya... Amiiin :)

Maaf karena aku gak punya kamera sehingga aku tidak sempat mengabadikan momen ini.
Semua gambar yang kulampirkan hanyalah ilustrasi.
- Rizki Ramadhan

Minggu, 02 September 2012

Mengawali September penuh harapan

Curhat session - September penuh harapan

Hay readers... udah 1 bulan juga ternyata aku ga nulis, ya udahlah, sekarang aku mau nulis tentang arti September 2012 ini buat aku...

Peringatan - tulisan ini mungkin akan membosankan, jadi jangan tinggalkan halaman ini sebelum anda selesai membaca !


2 September - hari ini adalah hari yang cukup spesial buat aku, kenapa? karena pada tanggal 2 September 2010 aku berhasil mendapatkan seorang kekasih yang baik hati - Nadya Amelia. Itu artinya sekarang adalah hari jadi pacaran kami yang ke dua tahun ~ happy 2nd Anniversary Nadya.

Ga terasa loh, ternyata kami pacaran udah 2 tahun aja. rasanya cuma kayak hitungan bulan aja. Suka duka udah kami lewati berdua. harapan pertama - semoga semua terus berlanjut seperti ini.

masih ada harapan-harapan lain loh. Akhirnya, AT-TIK (Armada Trainer - Teknologi Informasi dan Komunikasi) punya kantor baru, yippie... jadi ga sabar buat ikutan rapat lagi :D . harapan kedua - semoga aku bisa terus berkembang di AT-TIK.

Besok adalah hari pertama kuliah setelah liburan semesteran plus bulan puasa selama 2 bulan. ga sabar buat kembali kumpul-kumpul ama teman-teman di kampus, buat main game bareng lagi bareng Scarleters dan Hantu Puskom (komunitas gamers di kampus). buat kembali berkreasi sama-sama dengan teman-teman, terutama teman-teman yang juga gabung di AT-TIK, semoga pembuatan website AT-TIK nanti lancar ya :) . harapan ketiga - semoga ga ada lagi perselisihan di kampus.
harapan keempat - semoga hari-hari berikutnya di kampus menyenangkan.
harapan kelima - semoga pembuatan website AT-TIK yang aku lakoni berjalan lancar.

September ini memang penuh harapan buat aku, gimana dengan teman-teman? tuliskan harapan kalian di kotak komentar, semoga apa yang kita harapkan sama-sama tercapai :)

adios all, thanks for the visit :)


this article presented to my beloved girlfriend - Nadya Amelia


Kamis, 02 Agustus 2012

Gunakanlah Komputer Anda dengan Baik dan Efektif !

Oke deh, saya yakin kalau teman-teman pembaca ga ada lagi yang gak kenal sama yang namanya "Komputer". Kalau nggak, mana mungkin teman-teman bisa buka ini halaman blog. ya kan??? hehehe

Nah, sesuai dengan judul, saya mau share ke teman-teman semua tentang efektifitas penggunaan komputer. Saya mulai aja deh, biar ga kelamaan... siapin kopi, rokok, cemilan atau apapun deh yang bikin teman-teman nyaman baca nih artikel, because we will rock the topic, oww yeah !


Banyak pengguna komputer yang tau gimana cara makai komputer, tapi ga tau apakah si komputer itu senang di perlakukan dengan caranya itu atau tidak... Loh? it's just computer bro, nothing will happen, itukan cuma komputer, ga bakalan bisa ngerasa senang loh!. Teruslah berpikir seperti itu dan anda harus siap-siap untuk pusing liat komputer anda yang berulah, hehehe. Komputer juga butuh disayangi dan diperhatikan mas bro!. Komputer juga bisa merasa lelah dan ngambek (not responding kan sama aja dengan merajuk yah?). Jadi gunakanlah komputer anda dengan cara yang tepat. Perbanyak waktu anda untuk mempelajari sifat dasar komputer anda.

Pahami dia, maka dia pun akan belajar memahami anda... 

Oke, lanjut ke Part 2, hehehe. Dari tadi saya terus membicarakan kalau komputer kita butuh diperlakukan dengan baik. Nah, saya ada beberapa tips nih, tips buat mempercepat kerja komputer anda. Komputer anda bekerja dengan cepat berarti tidak ada masalah dengan perasaannya, hehehe. Oke deh, berikut tips menggunakan komputer dengan efektif untuk mempercepat kinerjanya yang saya kutip dari blog teman saya:


  1. selalu biarkan komputer anda booting start up sampai selesai sebelum menjalankan aplikasi apapun..Biasanya, akan memakan waktu 2 - 5 menit mulai dari start-up, tergantung seberapa banyak aplikasi yang ter-install di komputer anda

  2. Refresh desktop komputer anda setelah menutup aplikasi yang telah selesai anda gunakan...Ini akan menghapus semua file-file sampah dari RAM komputer anda

  3. Jangan menggunakan gambar atau image berukuran besar sebagai wallpaper...Bahkan, lebih baik jangan pakai wallpaper deh kalau komputer anda RAM-nya kecil (<64 MB)

  4. Jangan biarkan shortcut memenuhi desktop anda..Tiap shorcut akan memakan kira-kira 500 Bytes RAM, bayangin aja kalau ada 40 biji shortcut, 20 MB juga tuh.

  5. Kosongkan Recycle Bin secara teratur...Ingat, sebenarnya saat anda menghapus suatu file, file itu tidak benar-benar terhapus dari Hard Drive anda sampai anda mengosongkan Recycle Bin

  6. Hapus file-file internet sementara secara teratur (history, cache, dan lainnya)...

  7. Defrag Hard Drive anda, minimal sekali dua bulan...Ini akan membuat lega dan memberikan sedikit ruang untuk Hard Drive dan menyusun kembali file-file sehingga aplikasi di komputer anda bisa berjalan lebih cepat.

  8. Selalu buat Hard Drive anda menjadi minimal 2 partisi...Jika teman-teman pembaca menggunakan Sistem Operasi Windows, Windows akan menggunakan semua ruang kosong yang ada di Hard Drive tempatnya terinstall (biasanya di C: Drive) sebagai virtual memory ketika RAM anda penuh.. Jadi, simpanlah semua program-program yang besar dan file-file lain seperti game, video dan yang lainnya di partisi lain (misalnya D: ) untuk menjaga C: sekosong mungkin.

  9. Ketika menginstall software baru, disable saja pilihan yang menawarkan untuk menginstall tray icon...Tray icon menggunakan banyak ruang di RAM dan juga memperlambat booting komputer anda. Dan juga, disable-lah option yang menjalankan aplikasi secara otomatis ketika komputer booting. kecuali benar-benar diperlukan. Teman-teman pembaca dapat mengatur automatic start-up program di msconfig, caranya jalankan program "Run" (Windows + R), dan kemudian ketikkan msconfig, lalu tekan "Enter"... Aturlah Start-up program anda di menu tab "Start-up".

  10. Lindungi komputer anda dari debu...Debu dapat menyebabkan CPU cooling fan (kipas pendingin CPU) menjadi macet sehingga tidak bekerja optimal dan akhirnya menyebabkan CPU anda jadi panas, ini akan sangat mempengaruhi kecepatan processing komputer anda. Jika memungkinkan, bersihkan kipas CPU anda secara berkala.


Saya rasa itu aja dulu tipsnya, ntar kalau ada lagi saya buatin deh artikel lanjutannya :)...
kayaknya udah kepanjangan nih tulisan, udah dulu ya. Semoga tulisan saya ini bermanfaat... see yaa !


Perlakukan lah 'dia' dengan baik,
maka 'dia'  juga akan memperlakukan anda dengan baik...

Pembaca yang baik akan selalu meninggalkan jejak, jadi jangan lupa tinggalkan komentar ya,, untuk menjaga agar artikel ini stay update...

referensi : Blog Supercell 

Senin, 30 Juli 2012

Cara Membuat Kotak Komentar Facebook di Blog




Mungkin teman-teman pembaca ada yang punya blog tapi sepi komentar (kayak blog saya ini nih, wkwkwk) , bisa jadi pengunjung blog teman-teman merasa prosedur pengiriman komentar terlalu rumit atau ribet.

Nah, kan facebook lagi hot-hotnya nih, ada baiknya kalau di blog kita dibuatkan from komentar yang bisa menggunakan akun facebook, jadi ga ribet login-login lagi. caranya gampang kok, teman-teman tinggal ikutin cara-cara yang ada di bawah ini oke???

Persiapan : 
  1. Jangan lupa berdoa dulu agar apa yang kita kerjakan di ridhai Tuhan , hehehe
  2. Kalau sempat kasih komentar dulu di tempat yang sudah disediakan di bawah, wkwkwk 
Langkah-Langkahnya : 
  1. Seperti biasa anda masuk dulu ke Account Blogger
  2. Klik Rancangan >> Edit HTML (Jangan lupa centang kotak expand widget template)
  3. Setelah terbuka kotak Edit HTML cari kode berikut <b:includable id='status-message'> dan diatas kode tersebut sobat akan menemukan kode ini </b:includable> (agar lebih cepat mendapatkan kode yang saya maksud diatas tekan tombol F3)
  4. Copy paste kode ini <b:includable id='status-message'> kedalam kotak pencarian. Tahap selanjutnya Copy paste Kode dibawah ini dan letakan diatas kode  </b:includable>
<b:if cond="data:blog.pageType == &quot;item&quot;"> <div id='fb-root'/>
<script src='http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1'/>
<fb:comments expr:href='data:post.url' num_posts='5' width='500'/>
</b:if>

Langkah Terakhir Save Template sobat dan selesai sehingga hasilnya akan terlihat saat membuka salah satu postingan blog. Semoga bermanfaat..

jangan lupa tinggalin komentar ya :D

Orang yang baik selalu meninggalkan jejak di blog orang lain
 - Rickyteen de'Indigo

Minggu, 29 Juli 2012

Cinta ibu bangkitkan keluargaku




Adalah sebuah kisah dari negeri Andalas pada masa nan modern dan berteknologi canggih ini. Tersebutlah dalam alkisah ini seorang wanita yang hebat. Seorang wanita yang menjadi panutan hidup bagi tiga pemuda belia yang hidup dekat dengannya. Eseeh, bisa juga ternyata saya nulis kaya beginian, hehehe… Udah ah, saya langsung aja ke topic pembahasan artikel ini J

Saya ada punya  idola, idola wanita
Bukan Agnes Monica,  bukan pula Gisella
Idola saya adalah saya punya ibunda
Yang telah bersusah payah untuk membesarkan saya.

Yup… Saya punya sosok ibunda yang punya jasa yang tak terbantahkan di kehidupan saya. Beliau bernama Nurlatifah Lubis, seorang rendah hati yang tidak pernah mau memakai nama ijazahnya yang bertitel meskipun sebenarnya beliau adalah sarjana muda D-II Matematika.

Kali ini saya akan menceritakan tentang sosok wanita paruh baya yang masih kelihatan muda, hehehe. Ibu saya lahir pada tanggal 10 Desember 1968 di Tapanuli Selatan. Beliau bertemu dengan ayah saya dan kemudian menikah pada tahun 1991. (Loh, kita kok ga dikenalin ama bapak ente sih bro Ricky?). Berhubung sekarang topiknya ibunda saya, maka masalah ayahanda saya kita kesampingkan saja dulu ya, hehehe. Ibu saya pernah berkarir sebagai guru Matematika dulunya. Sampai suatu ketika keluarga kami pindah ke tempat lain karena ayah saya dipindah tugaskan oleh perusahaan tempat ayah saya bekerja. Disinilah cerita tentang ibu dimulai.

Sudah tiga tahun lamanya semenjak kepindahan keluarga kami. Ayah dan ibu yang sudah bosan jadi pegawai pun mengundurkan diri dari tempat kerja masing-masing. Ayah dan ibu memutuskan untuk menjadi wiraswastawan.

Ibu memulai karirnya sebagai pedagang ayam ras broiler. Merintis usaha dagangnya ini bukanlah hal yang mudah buat ibu. Begitu banyak cobaan yang diderita ibu dalam karirnya. Cobaan yang tiap hari memaksa ibu menjadi wanita yang lebih kuat. Mulai dari banyaknya orang yang tidak senang dengan usaha ibu yang baru, beberapa kali kehabisan modal karena kerugian yang besar, hutang dagang yang menumpuk, ditipu rekan bisnis dan masih banyak derita lain yang harus ditanggung ibu.

Mungkin teman-teman pembaca bertanya-tanya dalam hati, apa yang ayah saya lakukan melihat istrinya diterpa ujian yang bertubi-tubi ini. Sangat disayangkan, ayah saya tidak bisa banyak membantu karena sebenarnya kondisi ayah sama memprihatinkannya dengan ibu. Usaha ayah berkali-kali mengalami kerugian.

Ibu… wanita yang tabah ini tetap berusaha memperjuangkan keluarganya sampai pada akhirnya beliau berhasil membawa kami kembali menjadi keluarga yang mapan dan berkecukupan. Besarnya cinta dan keyakinan ibu membuatnya berhasil menggapai hal yang sulit sekalipun. Sebuah pelajaran moral dapat kita petik dari kisah kehidupan wanita seperti ibu saya ini, yaitu seberapa beratpun rasanya ujian yang kita terima dari Tuhan, jangan pernah mengeluh, bekerja keraslah maka kita akan merasakan hasilnya.

Habis gelap terbitlah terang, kesedihan telah berganti kebahagiaan, waktu demi waktu pun berlalu tanpa ada satu waktupun yang luput dari siraman cinta ibu. Beliau yang selalu bangun jam empat subuh untuk mempersiapkan sarapan untuk suami dan anak-anaknya tanpa ada rasa pamrih terlintas di hatinya. Semua ini dilakukan oleh ibu tanpa mengeluh. Ibu bukanlah orang yang beranggapan bahwa uang saja sudah cukup membuat anaknya bahagia. Beliau selalu menyempatkan diri di hari-hari liburnya untuk menemani kami, anak-anaknya pergi berekreasi. Sosok ibu yang selalu berusaha membuat anak-anaknya tetap tersenyum meskipun jutaan rintangan menanti beliau untuk itu. Cinta ibu inilah yang membuat kami bangga menjadi anak-anaknya.

Sampai saat ini, ibu tidak berubah sedikitpun. Meskipun beliau akhirnya harus menjadi janda sebatang kara yang memperjuangkan nasib anak-anaknya sendirian setelah beliau diceraikan oleh ayah kami dengan alasan yang tidak saya ketahui. Biarkan sajalah itu tetap menjadi misteri, mungkin lebih baik saya tidak tahu. Untuk apa saya memusingkan hal itu, sementara ibu saja sekarang ini terlihat lebih bahagia, lebih tegar dan lebih cantik, hehehe.

Satu hal yang kami anak-anak ibu banggakan dari beliau, apa itu?... hal itu adalah hal yang banyak di lewatkan orang lain, bahkan oleh kami anak-anaknya. Yaitu ibu selalu menjaga hubungannya dengan Allah SWT. Ibu tidak pernah lupa pada Tuhan-nya meskipun disaat suka maupun duka. Mungkin inilah yang membuat ibu selalu tegar dan kuat.

Sungguh … beliau adalah ibu yang mengagumkan.

Pernah sekali, ketika ibu mengaji di kamarnya. Saat itu saya, adik-adik dan ayah sedang menonton televisi. Saya mendengar alunan ayat-ayat suci Al-Qur’an itu mengalir dengan indahnya dari bibir ibu. Saya sempat berkata takjub, “Mama kalau mengaji bagus kali lah ya…”. Lalu ayah saya menimpali, ”wajarlah, dulu semasa ibumu masih SMA, beliau pernah menjadi juara MTQ se-Kabupaten”. Begitu kalau tidak salah yang saya dengar dari ayah, saya tidak begitu ingat. Tapi yang jelas, saya berani menjamin, bahwa ibu tidak kalah dengan para santri yang ikutan MTQ itu.

Hal itu membuat saya yakin, bahwa selama ini Tuhan-lah yang membantu ibu dalam setiap kesulitannya. Saya menjadi yakin bahwa kedekatan ibu dengan Tuhan-lah yang membuatnya menjadi wanita yang kuat. Dan jelas, saya sebagai anak beliau merasa bangga dan akan terus mencoba menjadi orang yang lebih baik dan lebih baik lagi, selalu.

Kayaknya tulisan saya udah kepanjangan nih… ya sudahlah, kayaknya sampai disini aja ceritanya? (ada cerita apaan emang???). Mudah-mudahan apa yang saya tulis ini bermanfaat bagi orang lain, lumayan juga kan pahalanya bulan puasa gini,hehehe.

Jangan pernah merasa Tuhan berlaku tidak adil…
karena dibalik tiap cobaan pasti ada kenikmatan…

            Akhir kata, saya ucapkan terima kasih karena sudah mampir dan Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Tulisan ini saya tulis untuk diikutsertakan dalam kontes Fastron Blogging Challenge. Sampai jumpa J
  

Selasa, 03 Juli 2012

Daftar Server Battle Net DotA Indonesia 2012 Gratis


Berikut Daftar Server B-Net DotA Indonesia (July 2012) :

Name : Indogamers Free
IP : free.indogamers.us
Zone : 7

Name : MGI
IP : pvpgn.mediagamer.biz
Zone : 7

Name : Lebay
Zone : 7
IP : bnet.lebay.us

Name : Garena
IP : bnet.garena.com
Zone: 9

Name : New DGI
IP : KitaDota.com
Zone: 7 

Name : Republikgame
IP : 116.197.129.18 / dota.republikgame.com / rpg.netindo.org
Zone : 7

Name : OpenGamers PvPGN
IP : dota.opengamers.us
Zone : 7

Name : BattleNet Indonesia / BI
IP : battle-id.net
Zone : 7

Name : Negubaku PvPGN
IP : negubaku.com
Zone : 7
Forum : Negubaku.com/www.Negubaku.com

Name : Indogamers Konco ( IDGS KONCO )
IP : 175.103.60.79 /konco.indogamers.us
Zone : 7

Buat kawan-kawan yang pingin main DotA B-Net, silakan pilih salah satu server di atas !

diharapkan komentar kawan2, agar artikel ini tetap update, kalau ada server dota yang belum masuk, silakan post di komen, ga bayar kok, hehehehe

Jumat, 15 Juni 2012

Cita-Cita adalah Hak Asasi



Umm, sebuah pengenalan yang kuno mungkin, jika saya mengucapkan "Hai... jumpa lagi dengan saya blablabla". Namun, hanya inilah yang bisa saya pikirkan sebagai kalimat perkenalan di blog sederhana ini, jangan di caci ya :)

Oke deh, sebelumnya saya sudah menulis sebuah artikel (yang kata bang Ananta Bangun sih lumayan kontroversial) yang berjudul "Anak sering keluyuran? Bagus donk !". Artikel itu mengulas tentang apa sih bagusnya kalau sering keluyuran Menurut sudut pandang "Anak yang Dinamis". Nah kali ini saya akan menulis satu artikel lagi nih, masih dari sudut pandang "Anak yang Dinamis", artikel saya kali ini akan membahas tentang akibat dari terlalu banyaknya campur tangan orang tua dalam kehidupan anak menggapai cita-citanya. ga usah panjang-panjang lagi, Okay, Check it Out !

Keberhasilan seorang anak dalam menjalani hidupnya, menggapai cita-citanya dan kebahagiannya adalah suatu kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi oranng tuanya. Jelas, itulah tandanya bahwa orang tua itu memang benar-benar menyayangi anaknya dari lubuk hati yang paling dalam. Inilah sebab utama mengapa ada sangat banyak jumlah orang tua yang terlibat dalam kehidupan anaknya melebihi angka keterlibatan yang diperlukan.

Ngomong-ngomong, kalau kita ngobrol tentang tentang orang tua yang kayak begini nih, sebagian orang tua akan berkata "Kalau saya sih, saya biarin aja anak saya menentukan jalan hidupnya, kan dia yang menjalani, ya biarkan saja... tapi kalau udah mulai keluar jalur, baru saya turun tangan". Nah, orang tua yang kayak begini  nih yang benar-benar sayang sama anak nya. Ingat loh, SAYANG ITU GA BISA DIWUJUDKAN DENGAN OVER PROTECTIVE, bukannya menyayangi, over protective malah akan dinilai mengekang oleh orang lain, kalau ga percaya tanya aja ama tetangga atau teman-teman anda.

Ada yang benar-benar sayang anak, ada pula yang berpikir kalau mereka sayang, tapi ternyata tidak. "Saya ga mau anak saya gagal, makanya saya atur hidupnya kayak begini", sebagian orang tua yang over protective akan membuat alasan seperti ini. Coba kita bayangkan bersama-sama, mungkin anak anda berhasil, mungkin anak anda bisa jadi juara kelas, mungkin anak anda bisa menduduki jabatan yang tinggi bila dididik dengan cara ini, tapi apakah anak anda akan bahagia? jelas tidak, karena ini bukan dirinya. bukan kemauaanya. Ini sama saja dengan orang tua nya yang menjalani hidup dan si anak hanya boneka yang bisa diperlakukan sesuka hati.

Di lain pihak, akan ada orang tua yang berkata "Anak saya bandel, disuruh belajar aja ga mau, apalagi dibiarin aja.". Nah, pernahkah anda berfikir apa sebabnya anak anda membangkang? apa sebabnya mengapa anak anda sepertinya tidak perduli dengan masa depan?. Menurut saya sih, ada banyak faktor penyebabnya, salah satunya karena kurangnya mengertinya anak betapa pentingnya apa yang anda katakan kepadanya.

Ibu saya selalu memberikan pengertian kepada kami anak-anaknya tentang apa yang ia inginkan.  Beliau selalu menyuruh-nyuruh kami melakukan sesuatu, tapi dengan lembut dan penuh kasih sayang. sebagai contoh : "Kenapa lah kalian gak belajar-belajar nak e? kalau ga jadi orang kelen nanti karena malas kelen ini, bagus ga usah hidup aja lah mama lagi, udahlah mati-matian mama cari uang untuk kelen, nggak pula kelen berhasil, apalah gunanya mama hidup lagi." beberapa hal penting yang saya dan adik-adik saya petik dari hanya segelintir kalimat yang keluar dari mulut ibunda saya ini :
  1. Ibu saya benar-benar ingin semua anaknya berhasil
  2. Ibu saya tidak memaksa kami belajar atau melakukan sesuatu, melainkan memberi tahukan akibat dari perbuatan kami
  3. Ibu kami tidak ingin usahanya membesarkan kami kami balas dengan materi, cukup dengan kebahagiaan kami, maka beliau juga bahagia
Sungguh, maknanya sangat mendalam bagi kami, selalu menjadi motivasi kami, bahkan saat penulis menuliskan kata-kata beliau tadi, muncul rasa ingin menangis, ntah kenapa.
Point dari apa yang saya bicarakan di atas adalah : Kalau ibu saya saja yang single parent, yang tidak bisa selalu mengurusi kami karena kesibukan beliau mencari nafkah bisa memberikan suatu pengertian yang mendalam kepada kami, membiarkan kami tumbuh menurut jalan kami, tapi tetap dalam kontrolnya. kenapa anda tidak bisa? sudah selayaknya orang tua optimis dan berpikiran "Saya Bisa" untuk melakukan sesuatu yang sulit sekalipun demi buah hati yang dicintainya. Ingat, Cita-Cita dan Kehidupan adalah hak asasi, jangan anda rebut apa yang menjadi hak azasi anak anda. 

Mungkin untuk saat ini, hanya ini yang bisa saya tulis. nantikan tulisan-tulisan saya selanjutnya ya
selamat menjadi orang tua yang baik. :)

Senin, 21 Mei 2012

Anak sering keluyuran? bagus donk !

 Hai readers... ini tulisan pertama saya yang bertajuk sharing pengalaman (may be), karena kalau dilihat-lihat lagi semua tulisan saya temanya "How To" semua yah... berhubung baru dapat ilmu baru dari tetangga sebelah tentang cara menulis yang baik, jadi saya akan coba berbagi cerita menurut pandangan saya. okay... check this out !


Saya memang belum berkeluarga, apalagi punya anak, tapi sudah pasti kalau saya adalah seorang anak juga, sama seperti anda dan anak anda. Terkadang orang tua selalu memaksakan anaknya untuk mengikuti ideologi orang tua mereka. It's ok...selama yang menjadi ideologi orang tua itu benar, ga masalah. Tapi, apakah seorang anak harus mengikuti ideologi itu untuk bisa menjadi orang yang lebih baik? jawabannya adalah TIDAK!. Ada pepatah yang mengatakan bahwa tidak satu jalan ke Roma. Begitu pula dengan hidup, tidak satu jalan menuju kesuksesan. Saya akui, mungkin jalan yang diambil oleh orang tua sudah jelas terbukti, karena sudah pernah dijalankan dan sukses.Tapi tidak kecil kemungkinannya seorang anak akan menemukan jalannya sendiri yang mungkin jauh lebih sukses dan berhasil daripada jalan yang diambil orang tuanya.

Keluyuran? mungkin itu memang hal yang buruk buat seorang anak. Bila seorang anak terlalu lama diluar rumah maka kontrol orang tua kepada anak akan melemah dan membuat anak hilang arah dan kendali. Hal ini malah akan menjerumuskan anak ke arah yang tidak baik. So? kenapa saya bilang kalau keluyuran malah bagus? hampir semua aspek kehidupan itu seperti pedang bermata dua, yang apabila si penggunanya mahir menggunakan pedang tersebut maka pedang tersebut akan menjadi senjata yang sangat ampuh. Tapi apabila si pengguna tidak tau bagaimana harus menggunakan pedang tersebut maka dirinya sendirilah yang akan terluka.

Mari kita berandai-andai sejenak. Mari kita anggap bahwa si anak adalah pedang bermata dua dan orang tua adalah si pengguna. Kita asumsikan bahwa orang tua adalah pengguna pedang yang handal. Orang tua dengan kontrol penuh mengarahkan anaknya untuk bisa menusuk jantung dunia dan menaklukkannya. Orang tua sudah pasti harus selalu mengasah pedangnya ini agar tetap tajam. Inilah peran orang tua sebenarnya, membantu anaknya menggapai tujuannya untuk menjadi orang yang lebih baik. Ingat, bukan untuk menggapai tujuan orang tua, tapi tujuan anak. Kembali ke topik, membiarkan seorang anak keluyuran siang dan malam adalah salah satu cara untuk mendidik dan mengasah pengalamannya. Apa yang terjadi jika seorang anak tidak pernah keluar rumah? sudah pasti si anak akan menjadi orang yang penakut/paranoid dan tidak pandai bergaul. Keluyuran memang kedengarannya buruk dan banyak sisi negatifnya. Lalu kenapa? kenapa orang tua tidak mengubah hal yang negatif ini menjadi sesuatu yang positif buat anaknya?.

Dunia luar adalah pengalaman dan pengalaman adalah guru yang paling berharga. Kalau kata orang Minangkabau, "Alam Takambang Jadi Guru", artinya : Alam yang terkembang jadi guru. Biarkanlah anak anda keluyuran, biarkan mereka belajar dari lingkungannya, biarkan mereka belajar membedakan antara apa yang buruk dan apa yang baik. Tapi jangan lupa, bahwa anda adalah pengguna pedang, jangan biarkan pedang anda bergerak tidak terkontrol dan tidak terkendali. Selalu awasi mereka, jangan sampai terjerumus hal-hal yang berbahaya. Memang hal ini memang sangat merepotkan, menyita waktu, dan apabila anda bukan pengguna yang handal maka hasilnya akan mengecewakan. Tapi percayalah, jika anda berhasil mendidik anak anda dengan cara yang mereka sukai, maka anak anda akan bahagia dan anda akan menjadi orang tua yang baik. Saya bicara begini bukan tanpa dasar. Seperti yang saya bilang, saya belum punya anak dan berkeluarga. Tapi saya adalah seorang ANAK, dan dengan cara inilah orang tua saya mendidik saya, dan alhamdulillah, saya malah takut untuk berebuat yang tidak baik di luar rumah.

Mungkin cuma ini yang bisa saya bagikan ke pembaca semua, semoga bisa kita ambil manfaatnya bersama. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih dengan rasa syukur yang luar biasa kepada Allah SWT yang telah memberikan saya ibu yang baik dan selalu menyayangi saya. Sekian dari saya, Assalamualaikum :)

Selasa, 20 Maret 2012

Memonitor tingkat kepanasan Laptop/Komputer dengan HW Monitor dan Orthos

Hai lagi... barusan saya sudah nulis gimana caranya membersihkan kipas dan heatsink laptop di postingan cara mengatasi laptop/netbook yang cepat panas.. di postingan itu saya berjanji akan menulis tentang bagaimana cara menggunakan HWmonitor dan Orthos untuk memonitor tingkat kepanasan laptop anda.

Sebelum kita memulainya, silakan (bagi anda yang belum punya) mendownload softwarenya disini :
Orthos CPU Loader  adalah aplikasi yang kita gunakan untuk memaksa CPU bekerja di tingkat maksimum sehingga menghasilkan tingkat panas yang maksimum pula, Sementara HWmonitor adalah aplikasi yang kita gunakan untuk mengukur panas laptop itu sendiri...

  1. Setelah anda selesai download, jalankan aplikasi HWmonitor dan Orthos nya...
  2. Lihat HWmonitornya, Perhatikan bagian CPU nya (tulisannya Core 0, Core 1, dst)... lihat, disitu ada temperature CPU anda sekarang 
  3. sekarang kita beralih ke Orthos CPU Loadernya, kita tinggal menjalankan orthos, dan menunggu, klik tombol start nya sehingga tulisan IDLE berubah jadi GO 
  4. tunggu sampai sepuluh menit, lalu perhatikan panas laptop anda sekarang di HWmonitor. kalau perlu catat..
  5. "Ups, laptopnya mati sendiri bang Ricky. gimana nih?". Wah, itu artinya ada yang ga beres ama Laptop anda, cepat ditindak... baca dulu cara mengatasi laptop yang cepat panas
  6. kalau ga mati, coba anda lihat, kalau temperature nya berkisar antara 81 derajat cecius ke atas, berarti laptop anda masih termasuk panas, hanya saja tidak padam kepanasan karena tidak ada nya fitur nya di laptop anda
  7. tapi kalau masih 81 derajat celcius ke bawah, berarti laptop anda biasa2 saja
  8. Saran saya, coba bersihkan kipas pendingin laptop anda, lalu cek lagi tingkat panas nya dengan HWMonitor dan Orthos
kalau ada pertaanyaan dan saran, jangan segan2 comment ya mas... :-)