Rabu, 12 Oktober 2011

Bahasa Pemrograman dan Tingkatannya

Bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan untuk menuliskan program-program komputer. Apa itu program komputer? Program Komputer dalam bahasa awam adalah baris-baris perintah yang dituliskan untuk menyelesaikan suatu masalah di komputer. Nah kalo teman-teman maunya yang bahasa ilmiah, silakan cari sendiri ya, hehehehehe :-D

Ada 3 tingkatan bahasa pemrograman, yaitu :
  1. Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah
  2. Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah
  3. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
Bahasa Pemrograman tingkat rendah adalah bahasa pemrogrman yang paling dasar yang sulit dimengerti oleh manusia karena bentuknya yang sangat sulit dipahami, Bahasa Mesin atau bahasa Binary (Biner) yang terdiri dari dua digit angka 0 dan 1, contoh :

Angka 12 menggunakan kode-kode biner 8-bit dituliskan dengan 00001100
Angka 73 menggunakan kode-kode biner 8-bit dituliskan dengan 01001001

Kalau kita lihat-lihat lagi, kita akan bisa membayangkan bagaimana rumitnya bahasa binary ini... itu masih angka puluhan yang kita konversikan, bagaimana nantinya jika ada ratusan atau ribuan angka yang akan kita ubah ke biner??? pasti sangat melelahkan dan resiko terjadinya kesalahan sangat tinggi mengingat kemiripan yang disebabkan biner hanyalah gabungan dari dua karakter 0 dan 1.

Mengingat sulitnya pemrograman menggunakan bahasa biner, maka para ahli komputer (cie..cie bahasa lo cuy :-D) menciptakan sebuah bahasa pemrograman yang lebih manusiawi ( lol :D ), yang lebih mudah untuk dipahami manusia. Bahasa pemrograman ini kita sebut sebagai bahasa pemrograman tingkat menengah. Contoh dari bahasa tingkat menengah adalah bahasa Assembly. Lalu mungkin teman-teman bertanya dalam hati, lho... kalo bisa pake bahasa yang manusiawi, ngapain make bahasa mesin mas???.

Karena bahasa mesin bisa langsung dimengerti oleh komputer tanpa harus dicompile terlebih dahulu sehingga menghemat sumber daya komputer. Compile adalah proses dimana bahasa pemrograman yang dimengerti oleh manusia diterjemahkan oleh compiler ke dalam yang dimengerti oleh komputer, yaitu bahasa mesin.
Tapi sekarang bahasa pemrograman tingkat rendah sudah sangat jarang digunakan oleh Programmer. 

Saat ini bahasa yang sering digunakan oleh programmer adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi. Bahasa yang lebih manusiawi dan lebih fleksibel dari pada bahasa pemrograman tingkat menengah. Contoh bahasa tingkat tinggi ini adalah bahasa C, bahasa C++, Java, Pascal, PHP, ASP, JSP dan lain-lain. Kebanyakan programmer memilih menggunakan bahasa tingkat tinggi ini, karena lebih simpel dan jauh lebih mudah dimengerti oleh manusia. Namun ada juga lho programmer yang memilih menggunakan bahasa tingkat menengah karena bahasa ini masih belum terlalu jauh berbeda konsepnya dari bahasa tingkat rendah yang otomatis menjadikan bahasa pemrograman tingkat menengah lebih cepat, lebih kokoh dan lebih hemat sumber daya daripada bahasa pemrograman tingkat tinggi.

umm, saya rasa sampai disini aja dulu penjelasan panjang lebar tak beraturan dari saya... Soalnya dosen saya udah mau masuk nih :-D ..
kalo artikel yang saya tulis ini ga membantu ato malah bikin pusing ya saya minta maaf, karena ini artikel saya yang pertama dan saya akui saya ga jago nulis. tapi saya pikir ga ada salahnya sharing ilmu.. jadi saya mohon kritik dan saran dari teman-teman semua... oke???

"BUDAYAKANLAH MENINGGALKAN JEJAK DI SITUS ORANG LAIN, DEMI MENGHARGAI USAHA DARI ORANG YANG RELA BERBAGI DENGAN ANDA ITU :-)" 

4 comments:

mahasiswa teladan mengatakan...

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

Rizki Ramadhan mengatakan...

sama-sama gan :)

Rivky Damn mengatakan...

Mumpung ane masih fresh mahasiswa baru makasih gan infonya membantu bgt, jdi lbih ngerti seluk beluk program komputer :) :p

Rizki Ramadhan mengatakan...

semangat mas :D

Poskan Komentar